Jumat, 22 April 2016

Pembuatan dan Perancangan Game

PEMBUATAN DAN PERANCANGAN GAME

Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan sebuah game sederhana yang saya buat untuk melengkapi tugas softskill. Pertama saya akan menjelaskan tentang jennies game yang akan saya buat terlebiuh dahulu .

Game ini merupakan permainan dengan konsep AI (Artificial Intelligence) dimana user berusaha untuk mengalahkan komputer yang telah di beri pembelajaran untuk memenangkan permainan. Click Clack Away merupakan game semacam matches (game Strawberry Prolog). Player dan Komputer berlomba untuk tidak mendapatkan giliran terakhir dalam menghabiskan item apel-apelnya dengan prinsip take the last you fool. terdapat timer selama 20 detik setiap sekali permainan. player harus menyelesaikan permainan sebelum waktu habis.




INITIAL STATE :
Penggunaan initial state sebagai acuan untuk membuat program Click Clack Away adalah pembuatan area permainannya. Penulis menggunakan gambar Muka Pacman (objek) yang berukuran 56x60. Game Click Clack Away merupakan Permainan Mental seorang pemain melawan AI komputer. Pada game ini akan menampilkan 16 spot/muka pacman (objek) dalam 4 baris dan 7 kolom dan kolom menyusun meningkat. Game ini akan mengasah otak pemainnya. Pemain harus untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini. Permainan ini hanya satu pemain, sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan dari pemain.


(Papan Permainan)


RULES :
            Aturan main (Rules) pada games Click Clack Away  ini adalah sebagai berikut :
1.      User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan sebuah muka pacman(objek) mana yang akan user ambil untuk memulai permainan. User diberi kebebasan untuk memilih muka pacman(objek) mana saja yang akan diambil selama berada di papan permainan.
2.      Komputer melakukan pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3.      Komputer juga melakukan pembelajaran untuk memenangkan games ini menyisakan muka pacman(objek) terakhir untuk user ambil (mengambil lebih dahulu dari user)

GOAL :
            Goal (tujuan) untuk menyelesaikan games Click Clack Away ini adalah mengambil lebih dulu dari lawan kita yaitu Komputer. Dengan menyisakan 2 buah muka pacman (objek) pada permainan maka user dapat menang. Banyak sekali cara untuk mencapai goal(tujuan) terbentuk, salah satunya adalah sebagai berikut:

Konsep AI :
Kecerdasan buatan atau AI pada game ini terletak pada computer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user. Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang. Konsep AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan dari user. Komputer akan selalu berusahan mengalahkan user dengan menghalangi langkah user menyisakan muka pacman (objek) terakhir.

Game ini menggunakan Runut-balik (backtracking) Algoritma Runut-balik adalah algoritma yang berbasis pada DFS untuk mencari solusi persoalan secara lebih Praktis. Runut-balik, yang merupakan perbaikan dari algoritma brute-force, secara sistematis mencari solusi persoalan di antara semua kemungkinan solusi yang ada. Dengan metode runut-balik, kita tidak perlu memeriksa semua kemungkinan solusi yang ada. Hanya pencarian yang mengarah ke solusi saja yang selalu dipertimbangkan. Akibatnya, waktu pencarian dapat dihemat.

Runut-balik merupakan bentuk tipikal algoritma rekursif. Saat ini algoritma runut-balik banyak diterapkan untuk program games (seperti permainan tic-tac-toe, menemukan jalan keluar dalam sebuah labirin, catur, dll) dan masalah-masalah pada bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Salah satu objek dari game tersebut berada pada gambar dibawah ini :

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar